Merayakan Hari Kemerdekaan dengan Karnaval JFC dan Seni Bantengan

 


Karnaval merupakan pertunjukan, tontonan, pawai, dan pameran yang menampilkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan tema karnaval tersebut. Karnaval terdapat banyak unsur-unsur fantastis dan atraktif sehingga penulis kagum akan hal tersebut. Kegiatan karnaval sebenarnya memiliki berbagai manfaat positif diantaranya adalah sebagai sarana edukasi. Sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di Indonesia. Misalnya dari pakaian adat, rumah adat, profesi dan aneka ragam pernak perniknya.





Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Busana Jember) atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana internasional yang setiap tahun digelar di alun-alun hingga jalan protokoler di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center. JFC melibatkan seluruh pelaku ekraf di masyarakat umum untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dan kecintaan terhadap kemajuan pariwisata daerahnya. “Pelaku event kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah juga harus memahami standarisasi event. 





Seni Bantengan adalah seni pertunjukan budaya tradisional dari Jawa Timur yang menggabungkan unsur sendratari, olah kanuragan, musik, dan syair/mantra. Seni Bantengan memiliki nilai budaya yang tinggi dan sangat kental dengan nuansa magis. 
Seni Bantengan muncul pada zaman Kerajaan Singasari dan berkaitan langsung dengan pencak silat. Seni Bantengan digunakan sebagai hiburan untuk pemain bela diri. Seni Bantengan juga merupakan tarian yang menirukan gerakan-gerakan banteng, hewan yang dianggap sakral bagi masyarakat Jawa. Seni Bantengan terinspirasi dari tradisi tolak bala, kebo-keboan. 
Seni Bantengan bertujuan untuk mengumpulkan dan mempersatukan semua kalangan, terutama anak-anak muda, agar tidak main yang aneh-aneh. Tujuan ini tidak lepas dari sila ke-3 Pancasila yaitu Persatuan Indonesia dan filosofi dari Bantengan sendiri.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Digital Portofolio - Generasi Muda Berintegritas Anti Korupsi

Indahnya Citylight dari ketinggian 1.326 mdpl

My Digital Portofolio - Indonesia Emas (mandiri dan bersatu dalam nilai gotong royong yang berintegritas)